Tingkatkan Kapasitas, Prodi Teknologi Informasi UIN Walisongo Gelar Studi banding dan Ikuti Forum Kerjasama Prodi TI Islam Se-Indonesia

UIN Walisongo Online; Semarang- Dalam rangka upaya peningkatan kualitas akademik Prodi Teknologi Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo ikuti forum kerja sama konsorsium rumpun Prodi Teknik Informatika (TI) se-Indonesia di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (01/11/2019)

Sehari sebelum melakukan koordinasi bersama konsorsium prodi TI se-Indonesia pada tanggal 31 Oktober 2019, Para Dosen dan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk melakukan studi banding dan berbagi pengalaman dalam mengelola database di Perguruan tinggi keagamaan Negeri. Salah satu pembahasan yang disajikan dalam diskusi tersebut adalah dainataranya pengelolaan laboratorium terpadu khususnya pada laboratorium TI, Peningkatan Level lulusan sarjana TI, dan Pembahasan Kurikulum TI terkini dan berkesinambungan.

Beberapa hasil pembahasan pada diskusi tersebut akan menjadi baseline pengembangan program studi TI kedepan, khsusunya pada perguruan tinggi islam. Sejalan dengan perkembangan revolusi Industri 4.0, perguruan tinggi islam diharapkan dapat ikut serta dalam upaya peningkatan bidang-bidang Teknologi Informasi.

Sesuai melakukan studi banding di UIN Sunan Kaliijaga, rombongan UIN Walisongo turut serta pada kegiatan koordinasi bersama program studi TI se-Indonesia yang diselenggarakan di Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang Km. 14 Sleman Yogyakarta.
Bertempat di Auditorium K.H Mas. Mansur Fakultas Teknologi Industri UII, beberapa topik terkini menegnai Integrasi Islam da Pengembangan Teknologi dibahas.

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa pakar di bidang teknologi Informasi diantaranya Fathul Wahid, PhD (Rektor UII), Fahmi, PhD (Dosen TI UII), Harry B. Santoso, PhD (UI) dan Dr. Subhan Afifi (Ketua Tim Dakwah Yogyakarta). Beberapa materi dari narasumber akan menjadi bagian dari Pengembangan kurikulum Teknologi Informasi UIN Walisongo ke Depan. Saat ini Prodi TI dalam perjalannya pada tahun ke-dua di Fakultas Sains dan Teknologi akan terus melakukan berbagai pengembangan akademik termasuk pembangunan kerjasama dengan prodi sejenis di Indonesia, hal demikian diharapkan akan dapat turut menyumbang visi besar UIN Walisongo sebagai kampus yang Smrat dan Green.

 

Sumber  : http://walisongo.ac.id/?p=10000000004297&lang=id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *